Akankah Delphi win32 juga bernasib sama spt VB?

Baca-baca blog di J.a.i.m. Jadi inget sesuatu …

Saya cukup yakin kalau dalam hal bahasa, DELPHI tidak akan seperti itu. Tapi … walau bagaimanapun juga, memang ada kecenderungan kearah itu. DELHI berjalan diatas platform Windows. Selama keadaannya seperti itu … Microsoft takes control.

Saya pernah membaca suatu artikel tentang hal serupa di site luar (sayang alamatnya lupa). Bahasannya serupa dengan apa yang dikemukakan oleh saudara J.a.i.m. Intinya … banyak aspek yang menjadi pertimbangan pada saat developer DELPHI akan merambah ke .NET (seperti yang dilakukan di 2005), salah satu hal penting juga adalah masalah DANA. Membuat compiler DELPHI untuk .NET bukanlah hal mudah. Pada developer DELPHI harus memulainya dari awal, dan hal itu pun memerlukan kerja keras. Sampai sekarang, DELPHI 2005 yang diluncurkan, sampai sekarang belum 100% bisa support .NET. Itu menandakan betapa sulitnya integrasi DELPHI dengan .NET.

Saya memiliki beberapa teman, dia bisa dibilang “fanatik” VB. Semuanya punya tanggapan yang sama tentang .NET, “suck”! Soalnya, di VB.NET semua harus dipelajari lagi dari awal.
Tapi … kita banyak-banyak berdoa saja, semoga perubahannya tidak seperti yang dialami VB.NET

MS Frameword & VB Run-Time
Nah, coba perhatikan program-program VB, yang berjalan diatas VB Run-Time. Kadang-kadang, beda versi VB Run-Time, program bisa-bisa tidak jalan. Sehingga tidak jarang, program-program yang dibuat di VB selalu menyertakan update VB Run-Time di CD installer nya.
Untuk .NET ini, nantinya akan berjalan diatas MS Framework, tapi melihat keadaan sebelumnya … tidak menutup kemungkinan keadaannya akan seperti kasus diatas. Ribet.

Saya sendiri sekarang developing applikasi masih di Delphi 7 & VB6. Belum pernah merambah ke .NET. Tapi … melihat perkembangan dari Win98, ME, XP, 2K. Saya sendiri jadi agak sangsi dengan Windows. Saya fanatik di DELPHI, dan akhir-akhir ini saya kekih ama Windows. Pasalnya, saya banyak bekerja dengan WinAPI dan program yang dulu saya buat di Win98, pas dicoba dijalankan di ME, tidak jalan. Begitu juga pas ke XP dan Win2K. Masing-masing masalahnya beda-beda. Pasalnya, fungsi WinAPI di masing-masing versi Windows kadang kadang berbeda. Dari Win98 ke XP, perubahannya lumayan banyak. Bahkan sampai sekarang, saya masih ada masalah dengan perbedaan versi Windows ini.

Saya sangsi Windows juga bisa mempertahankan standard MS Framework nya. Takutnya, tiap bulan Microsoft bakan terus release update untuk MS Framework.😦
Jika kejadiannya seperti itu … tidak menutup kemungkinan kalau program yang dibuat dalam DELPHI pun terkena imbasnya (seperti halnya WinAPI WIn98 & WinXP yang berbeda yang dijelaskan diatas).

Jadi….
.NET direncakanan sebagai suatu aplikasi yang bisa cross-platform. Tapi … mempertimbangkan keadaan diatas. Dari pada cross-platform menggunakan MS Frameword, lebih baik ke JAVA.🙂
Sendiri belum tahu banyak soal JAVA. Tapi dilihat sekilas, JAVA lebih menjanjikan. Dan perubahan antar versi JAVA tidak terlalu ribet seperti Microsoft.
Jadi … sekarang-sekarang … jadi mulai merambah ke Borland JBUILDER😀

Kalau ada teman-teman yang ada pakai JBUILDER … kontak-kontak dong. Supaya ada temen belajar nih!😉

Satu pemikiran pada “Akankah Delphi win32 juga bernasib sama spt VB?

  1. Ping-balik: Delphi Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s