MySQL 5

Belakangan, kalau bikin program database, MySQL selalu menjadi pilihan nomor 1 dalam pemilihan database. Simple & Flexible, front-end dibuat pakai delphi, tapi bisa juga diakses via web. Setting database nya juga relatif sederhana.

MS SQL juga menyenangkan. Stored Proc pada MS SQL ternyata cukup membantu memangkas coding di DELPHI. Cuma sayangnya …, requirement nya relatif lebih besar, dan kalau mau diakses via web menggunakan APACHE rasanya … tidak begitu sreg.

Makanya, dengan direlease nya MySQL 5, MySQL + Stored Proc. Just like a dream come true. Ngga sabar … pengen cepet-cepet coba. Tapi …😦 menyedihkan, kenyataannya tidak seindah yang dibayangkan. Mungkin karena project ini masih terbilang baru, support tools-nya belum banyak tersedia. Beberapa yang ada, belum cukup nyaman untuk digunakan. Jadi, … kalau mau bikin Stored Proc, Function, Trigger dan fungsi baru lainnya … terpaksa deh, Pake Command-Line di console nya MySQL.😦 sangat tidak nyaman (Mungkin karena belum terbiasa kali ya?!?)

Tapi, yang sementara ini paling bikin be te itu … MySQL 5, belum ada perangkat untuk konektifitas dengan DELPHI yang bisa support untuk Stored Proc nya.😦 Sementara ini saya selalu pakai dbExpress. Tapi, driver untuk MySQL 5 belum ada.😦 Hmmm… menyedihkan. Yah… mungkin harus bersabar lagi sampai MySQL 5 ini bisa bener-bener reliable.

8 pemikiran pada “MySQL 5

  1. –cut
    cukup nyaman untuk digunakan. Jadi, … kalau mau bikin Stored Proc, Function, Trigger dan fungsi baru lainnya … terpaksa deh, Pake Command-Line di console nya MySQL.😦 sangat tidak nyaman (Mungkin karena belum terbiasa kali ya?!?)
    –cut

    Well, memang karena ini cuma masalah kebiasaan saja😛, kl saya justru maen “click2” yg kurang familiar hahaha…, karena sejak dari tahun 2000 yg ada di layar monitor cuma “hitam putih” saja.

    Jadi kalo org tanya “Mending beli mouse logitech” atau Keyboard “Logitech”, saya tentunya akan pilih options ke 2🙂.

    Kalo memang diperlukan untuk command line interface di MySQL ini knp tidak menggunakan phpMyAdmin (http://sourceforge.net/projects/phpmyadmin/)
    Ya dikit2 lah install Apache 1.3.X Windows Binarry + PHP-nya beres kan🙂, atau saya pernah nemu link untuk tool support ini banyak koq.

    –cut
    Tapi, yang sementara ini paling bikin be te itu … MySQL 5, belum ada perangkat untuk konektifitas dengan DELPHI yang bisa support untuk Stored Proc nya.😦
    –cut

    Sabar jaman kan bergulir, penambahan feature kalo memang diperlukan di MySQL 5.X ini, bisa dicommit ke developer MySQL-nya langsung. Tp tetep kudu sabar juga hehe…

    Saya aja nunggu ALTQ di porting ke src system udah 1-2 tahunan, skg di release 6.X udah ada aduh senengnya hehe…

  2. Jadi, … kalau mau bikin Stored Proc, Function, Trigger dan fungsi baru lainnya … terpaksa deh, Pake Command-Line di console nya MySQL.😦 sangat tidak nyaman (Mungkin karena belum terbiasa kali ya?!?)

    Udah coba SQLYog ?
    http://www.webyog.com/en/

  3. DAC for MySQLâ„¢
    Direct Access Components for MySQL
    MicroOLAP Direct Access Components for MySQL and Delphi/C++ Builder (also known as MySQLDAC) is a Borland Delphi/C++Builder component set for direct connect to MySQL database server. DAC for MySQL allows you to create Delphi/C++Builder applications without BDE, ODBC, ADO and without libmysql.dll.

    download full version
    http://w14.easy-share.com/1699592981.html

  4. eh pak,saya entry operator (inputting) di swalayan!swalayan kami gunain mySQL juga,but dinamain atarashi ma programmernya!masih byk kendala yang ada!misal 3 bulan kemaren data2 yang ga masuk 6 bulanan ilang sendiri ya saya musti bolak-balik buka nota taun 2007 ke bawah!padahal disitu saya baru belum 1 bulanan,padahal tiap akhir bulan di index n di backup!terus hpp(pokok bel) pada transaksi barang rusak ga sama dengan faktanya!yang kurang dimananya ya pak?

  5. Mas, saya lagi belajar database niy. Mas ada referensi My SQL 5 nggak???
    Kalo ada kalo boleh saya mau minta referensinya.
    Terima kasih…

  6. salam pa..,
    saya mau tanya..
    saya menggunakan windows vista x64 dengan mysql server 5.0 dan myodbc 3.15.,
    masalahnya..,sql di vista yang saya gunakan tidak masalah..
    yang menjadi masalah adalah myodbc tidak bisa terdeteksi di vista saya…
    thanx..

    1. 😕 blon pernah mengalami hal seperti itu, tapi … banyak kemungkinan.
      tapi coba 2 hal ini check:
      – service mysql-nya nyala
      – firewall tidak mem-blok mysql

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s