SPT Tahunan

buku petunjukNgurusin toko klontong ortu, mau ga mau harus belajar tentang perpajakan. 6 taun lebih kuliah Tehnik Informatika, blon pernah belajar yang ginian. Yah, apa boleh buat.

Ternyata, menjadi warga negara yang baik itu tidak gampang. Untuk mau bayar pajak, saya terpaksa harus belajar juga perpajakan. :p Harus baca buku Petunjuk Pengisian SPT Tahunan. Bukunya sih ngga tebel, tapi isinya itu lho, berisi kata-kata yang buat saya sendiri sangat sulit untuk dipahami. Rasanya agak tidak mungkin kalau orang awam bisa mengisi SPT TAHUNAN nya hanya dengan bermodalkan buku petunjuk ini saja.

Saya sendiri waktu pertama kali belajar untuk mengisi form SPT, saya harus tanya-tanya ke orang pajak. Ilmu nya itu cuma dipake setahun sekali, jadi tiap tahun, bulan maret … ya beginilah. Harus buka-buka buku lagi. Begitu juga, untuk teman-teman saya yang kerja di konsultan pajak. Bulan maret itu “bulan kerja keras”.😀

Tentang pajak tahun ini … nilai PPh tidak kena pajak jumlahnya agak naik hampir 10x lipatnya. Jadi, sebenernya kalau rata-rata penghasilan dalam 1 tahun ini kurang lebih sama dengan tahun kemarin, di tahun pajak yang sekarang kemungkinan besar tidak ada kenaikan pajak, tidak ada PPh terhutang yang harus dibayar. Tapi … ya udah lah! kasian sama pemerintah daerah, dikit-dikit, SPP bulanannya naeikin aja deh.😀

Beruntung untuk tahun ini semuanya sudah beres. Tidak bertemu dengan petugas pajak yang “iseng” korek-korek kesalahan. Sejak jaman perjanjian lama dulu, yang namanya pemungut cukai itu dibenci banyak orang.

4 pemikiran pada “SPT Tahunan

  1. Emang repot sih kalau urusannya sama pajak. Apalagi peraturan pajak di Indonesia berubah-ubah, jadi harus selalu tahu perkembangan terbaru.
    Btw, saya punya tuh program aplikasi Accounting sekaligus bisa ngisi SPT Tahunan buat perusahaan. Mungkin bisa bantu🙂 Bagusnya program ini, kita bisa ngakalin data yang diisi (ini sih tidak disarankan).
    Program lainnya juga ada….. (ini sih promosi, hehehe)

  2. bang kirimin dong softwarenya agar aku bisa belajar aku lagi ngalamin masalah yang sama tiap tahun pusing bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet tolong yah
    makasih yahj

  3. Salam kenal,

    Sori agak oot, tapi emang lagi perlu nih.
    Mau tanya2 dikit soal pajak, boleh?
    Dulu gak pernah mau belajar, sekarang ketiban tanggungjawab… he he..
    Please be kind to email me.

    Ths yah.
    Adi – Bandung

  4. pagi…

    mau ikut nimbrung nih…iya sekarang aku juga ditugasin bikin SPT gimana yah? mau softwarenya dunk…gak masuk-masuk nih belajar bikin SPT😦 thks yah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s