Fact or HOAX

Saya teringat ketika pertama kali saya berkenalan dengan internet. Kalau pas ada teman yang sama-sama punya e-mail, biasa deh, saling FORWARD e-mail itu biasa.

Lumayan juga sih, koleksi FORWARD email-email yang “lucu”, cerita menarik, jokes, artikel, … tapi kadang juga mendapat informasi menarik. Beberapa berita itu biasa-biasa saja, tapi ada juga yang bikin paranoid, misal karena ternyata produk yang sering saya gunakan itu bisa jadi biang penyakit.

Setelah membaca artikel tentang HOAX, belakangan saya mulai ngeuh, ternyata tidak semua yang dulu saya baca itu adalah benar. Ada berita yang disebuat HOAX, cerita atau berita bohong atau palsu. Ternyata … ada juga orang yang segitu isengnya membuat cerita-cerita karangan (HOAX) semacam itu.

Begitu juga dengan beberapa cerita kesaksian, tentang pertobatan seseorang. Saya mulai berpikir … mungkin sebagian besar diantaranya juga adalah HOAX.

Bukan saja lewat email, tapi juga berita-berita yang sering muncul di Bulletin Board FRIENDSTER. MUNGKIN saja dari antara semua berita itu ada yang benar tapi … perlu juga pake common sense, jangan lansung percaya. Jadi, sekarang coba lebih waspada dengan informasi-informasi yang saya terima lewat internet.

Buat orang-orang yang suka terima-terima forward e-mail semacam itu, saya sarankan Anda juga bisa membaca artikel Belajar membuat HOAX sendiri

Tinggalkan Balasan

