Dragon Tiger Gate

Dragon Tiger GateMasih ingat dengan komik Tiger Wong?!?🙂 Jika demikian, mendengar nama jurus-jurus seperti 9 matahari, pembuka surga Hin Yuen, cakar peremuk tulang, … mungkin akan mengingatkan Anda pada masa era tahun 90an.

Yup, komik silat yang cukup tenar di Indonesia sekitar tahun 90an. Dragon Tiger Gate adalah film yang diadaptasi dari cerita komik tersebut. Jadi, jika Anda pernah membaca komik Tiger Wong, film ini bisa menjadi pengobat rasa rindu. My rate for this movie is 3 of 5.

Kalau dibanding dengan cerita komiknya yang masuk ke Indonesia, mungkin agak kurang nyambung. Soalnya, ini adalah kisah saat Dragon Wong (kakak dari Tiger Wong) masih hidup. Sedangkan komik Tiger Wong yang masuk di Indonesia adalah cerita setelah Dragon Wong dibunuh oleh Chan O Wan (kalau tidak salah). Saya tidak tahu dengan komik Tiger Wong yang belakangan kembali di cetak, apakah ceritanya dimulai dari posisi yang sama? (mungkin ada pembaca yang bisa melengkapi)

Kalau dari segi cerita, … saya kira biasa-biasa saja. Mungkin dibuat agak “maksa” cerita yang begitu panjang harus bisa dikemas dalam film berdurasi 90 menit sehingga jalan ceritanya terasa agak tergesa-gesa.

Kalau Anda tidak tahu komik Tiger Wong, mungkin film ini hanya akan memukau Anda ada 15 menit pertamanya saja. Selebihnya film ini adalah film action biasa. Tapi, jika Anda pembaca komiknya, yang dulu pernah mengalami masa-masa dimana Anda harus menunggu 2 minggu tiap edisinya, untuk mengetahui kelanjutan cerita Tiger Wong, film ini akan memberikan makna tersendiri. Memang tidak sepenuhnya sama, tapi setidaknya Anda bisa melihat jurus-jurus seperti baju besi emas-nya Gold Dragon dan Sengatan Naga Neraka-nya Tiger Wong. He..he… walau cuma muncul 1x di 10 menit terakhir, tapi … mendinglah!😀

Dragon Tiger Gate, dalam bahasa mandarin adalah “long hu men” (龙虎门). Saya tidak tahu keterkaitan film ini dengan komik Long Hu Men yang ada di Indonesia (maklum, sudah tidak mengukuti perkembangan komik lagi😀 ) mungkin ada pembaca yang bisa menambahkan?

3 pemikiran pada “Dragon Tiger Gate

  1. Long Hu Men itu prequel dari Tiger Wong. Disini kamu bisa tahu awal mula bentrokan antara geng kebaikan dan kejahatan. Bahkan disini 3 Kaisar masih hidup semua. Di komik Long Hu Men, Tiger Wong, Gold Dragon dan lain lainnya digambar ulang dengan petualangan yang ‘sedikit’ baru😀

  2. Gua juga udah sering lihat kok filmnya di Celestial Movie (Indovision).
    Sering kok diputar ulang di TV itu.
    Ceritanya ok banget, gua suka film ini.
    Bisa ngobatin rasa rindu gua yg dulu seneng baca Khoo Ping Ho.
    Sekarang udah gak sempet lagi baca Khoo Ping Ho.

    Salam,
    Oq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s