ITB – JSP Workshop – :( agak me********an

Write once, run every where.

Begitu katanya moto dari JAVA.
Sabtu, 2 Desember 2006, jam 8.00-15.00. ITB JSP Workshop. Sudah sejak lama saya ingin mempelajari pemrograman basis JAVA, dan dilingkungan kerja saya, agak sulit menemukan “teman belajar”, yang bisa JAVA. Jadi, begitu saya mendapat undangan untuk workshop ini … saya cukup antusias untuk mengikuti workshop ini, jadinya untuk satu hari ini saya izin cuti kerja.

Biaya pendaftaran Rp. 35.000, Relatif murah. Workshop diadakan oleh HMIF ITB, LABTEK V ITB.

Setelah lebih dari 5 jam utak-atik JSP ini, … akhirnya saya memutuskan. SAYA TIDAK AKAN MENGGUNAKAN JAVA (termasuk juga JSP, tapi mungkin kecuali klo emang bener kepepet :D).

Menurut saya JSP cocok bagi Anda, hanya jika:

  1. Anda sebelumnya menggunakan JAVA sebagai bahasa utama Anda.
  2. Mengembangkan software berskala enterprise yang menggunakan berbagai macam perangkat dengan platform yang berbeda.
  3. Anti-Microsoft & nge-fans banget dengan OOP.
  4. Butuh tantangan lebih.

Saya rasa, bagi Anda yang sebelumnya adalah pengguna PHP, VB, DELPHI, atau … bahasa lainnya, mempelajari JAVA (untuk keperluan profesional) rasanya akan cukup sulit.

Disamping konsepnya yang BERBEDA, gaya pemrogramannya pun “total” berbeda. Dan untuk programmer setua diriku ini … rasanya agak “sulit”. Saya lebih baik mempelajari .NET dari pada harus mempelajari JAVA. .NET walaupun sama beda, tapi setidaknya developer tools nya lebih baik dibanding JAVA. Lagi pula (dari apa yang saya pelajari tadi), saya merasa untuk bidang perkerjaan saya dibidang web development, JSP tidak jauh lebih baik dari pada PHP. Jadi dari pada mempelajari hal baru yang tidak jelas, lebih baik mengasah yang sudah ada.

Tidak ada yang salah dengan JAVA. Karena JAVA sendiri di desain untuk keperluan cross platform, jadi bagi orang yang kurang faham mungkin akan tampak agak ribet. Tapi, (menurut pendapat pribadi) memang jadinya untuk melakukan hal “kecil” jadi butuh kerja “lebih” (kalau dibanding bahasa pemrograman lain).

JAVA sangat OOP, relatif butuh lebih banyak coding. Tapi, untuk developmen jangka panjang dan sistem yang dikembangkan oleh banyak orang, hal itu sangat berguna. Tapi, … untuk programmer freelance (seperti saya) yang ngejar cepet, rasanya agak kerepotan. Jadinya saya lebih memilih developer tool yang lebih easy to use, simple (tapi tetap powerfull).

Terlepas dari soal JAVA-nya itu sendiri. Saya … agak sedikit kecewa dengan workshop kemarin (maaf). Saya merasa para panitianya kurang siap dalam mempersiapkan workshop ini. Saya percaya mereka adalah mahasiswa-mahasiswa terbaik dibidangnya. Tapi, saya pesimis, saya percaya mereka belum pernah benar-benar mengunakan JSP untuk membuat suatu project yang serius. Malah beberapa panitia gagal menjawab pertanyaan sederhana seputar pemrograman, misal bagaimana caranya konversi data string ke integer, atau penanganan data yang di submit menggunakan method POST dan GET.😦 mengecewakan!
Biaya sih memang murah, tapi kalau di bandingkan dengan waktu yang harus saya berikan (6 jam lebih) untuk workshop ini … rasanya agak rugi. Kalau mau ngulik sendiri … 1-2 jam juga bisa dapet.😦

Tapi meskipun demikian, bukan sesuatu yang kecil kalau mereka bisa memanage suatu acara yang terbuka untuk umum seperti itu. Kerja mereka cukup baik, tapi semoga saja workshop laen kali lebih baik lagi😉.

Tapi, meskipun demikian, ada 1 pelajaran penting yang saya dapat hari ini. GW GA AKAN PAKE JAVA, kecuali klo emang kepepet.

7 pemikiran pada “ITB – JSP Workshop – :( agak me********an

  1. wah ternyata pelatihan HMIF mengecewakan ya mas…
    mohon maaf ya..
    mungkin waktu itu trainernya masih anak 04 yang kurang kompeten, maklum lah di IF yang kompeten biasa -nya agak males untuk membagi ilmunya…
    sekali lagi saya atas nama HMIF meminta maaf atas kekecewaan peserta pelatihan..

  2. sebetulnya sich saya berminat bergabung,sayangnya yang dicari seorang wanita,lagian saya juga seorang pemula dan mau belajar lebih jauh lagi tentang bahasa pemrograman delphi,bisa apa tidak ya saya ikut bergabung?. saya juga berlatar belakang lulusan TI,dan kebetulan Tugas Akhir saya membuat Program Aplikasi dengan menggunakan delphi 6.0
    apa salahnya kalo boleh hubungi saya yach……
    Thanx’s……

  3. kasian nasib kamu …

    denger java dari org2 yang nggak kompeten emang akan bisa bikin java terlihat serem dan rese serta menyebalkan. dan kamu gak sendirian. banyak orang2 yang kemakan propaganda dari para java newbie yang sok jadi marketing agent buat sekedar jadi “rada terkenal”.

    on the other side, saya cukup beruntung. background pendidikan saya sama sekali ga nyambung dengan kerjaan saya as programmer saat ini. dulu, saya belajar jsp dari kondisi sama sekali buta pemrograman, apalagi java. istilah anak bandung mah, “teu nyaho” atau asli gelap. tapi saya beruntung karena pengajar saya ternyata adalah orang2 yang cukup kompeten dalam arti pernah terjun di real project with java yang kemudian dipake dalam dunia kerja nyata.

    balik ke kasus kamu, sebelum sampe ke kesimpulan “ga akan pake jsp kecuali kepepet”, mending kamu cari “guru” lain deh, hehehe🙂

    ps.
    conversi string ke integer itu simple, ini cara “aman” ala utility class nya yah:

    public Integer convertFromString(String base) {
    Integer result = null;
    /*
    use try for safety
    lazy to define all possible exceptions
    so just use “Exception”
    */
    try {
    result = new Integer(base);
    }
    catch(Exception e) {
    // comment below if u dont want to know
    e.printStackTrace();
    // just to make sure
    result = null;
    }
    return result;
    }

    simple kan? intinya cuma di line:

    result = new Integer(base);

    sisanya cuma buat “keamanan” aja😉

  4. // Soal
    /* menggunakan swing, ingin mencari rata3 3 buah bilangan yang dimasukan lewat user, kira2 salahnya dimana ya………..?
    */

    import java.io.*;
    public class latihan
    {
    public static void main( String[] args )
    {

    BufferedReader dataIn1 = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
    String nilai1 =””;
    System.out.print(“Nilai PBO:”);
    int a = Integer.parseInt(nilai1);

    try
    {
    nilai1 = dataIn1.readLine();
    }
    catch( IOException e )
    {
    System.out.println(“error…!”);
    }

    BufferedReader dataIn2 = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
    String nilai2 =””;
    System.out.print(“Nilai SysAdmin:”);
    int b = Integer.parseInt(nilai2);

    try
    {
    nilai2 = dataIn2.readLine();
    }
    catch( IOException e )
    {
    System.out.println(“error…!”);
    }

    BufferedReader dataIn3 = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
    String nilai3 =””;
    System.out.print(“Nilai AlgoPro:”);
    int c = Integer.parseInt(nilai3);

    try
    {
    nilai3 = dataIn3.readLine();
    }
    catch( IOException e )
    {
    System.out.println(“error…!”);
    }

    int nilairerata = (a + b + c) / 3;
    if (nilairerata>=60)
    {
    System.out.println(“Nilai Rata – rata anda adalah :” +nilairerata);
    System.out.println(“:)”);
    }
    else
    {
    System.out.println(“:-(“);
    System.out.println(“Kaciaaaaaan deh lo”);
    }

    }
    }

  5. jah…om, jgn ngomong ky gitu donk…..
    saya udah terlanjur cinta nih sama java……
    java…..emg rada susah……..
    saya ajah bljr 3 bulan gak ngerti sama sekali…..
    setelah 3 bln, baru dpt celahnya…..
    ;-((

Tinggalkan Balasan

