Anna and The King

Anna and the kingMenyimak berita pernikahan kedua Aa Gym, jadi teringat kisah Anna and The King. Alkisah, seorang guru dari Inggris, Anna Leonowens yang mendapat tugas untuk mengajar dilingkungan keluarga istana kerajaan negeri Siam (sekarang Thailand).

(lalu … apa hubungannya dengan Aa Gym?!? … tenang! baca dulu sampe bawah 🙂 )

Pada saat itu, negeri Siam dipimpin oleh raja Mongkut. Dalam banyak literatur, raja Mongkut digambarkan sebagai seorang raja yang cukup terbuka terhadap hal-hal baru. Bahkan hingga saat ini pun sosoknya disebut juga sebagai Bapa Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi bagi masyarakat Thailand.

Memang tidak ada fakta yang membuktikan dengan jelas, kisah cinta tentang Anna dan raja Mongkut seperti dalam film ini. Tapi … who cares! namanya juga film.

Raja Mongkut memiliki 82 anak dan 32 istri. Tapi satu hal yang membuat saya terkesan pada film ini adalah perkataan Raja Mongkut (diperankan Chow Yun Fat) kepada Anna (Jodie Foster) saat malam terakhir mereka berdansa.

Until now, Anna Leonowens, I did not understand superstision that man could be happy with only one woman.

Aa GymSo … my point is … if you married a right person … I’m sure one person is enough. Makanya … agak aneh juga klo membaca pernyataan Aa. Tapi, hei! gw sendiri blon nikah. Jadi ngga punya kriteria untuk kasih nasehat. Just sharing my believe.

Tapi, saya percaya ia memiliki pertimbangan tersendiri mengenai hal ini. Sebagai orang awam kita hanya menilai segala sesuatu berdasarkan dari apa yang kita alami dan ketahui, tapi tidak tahu bagaimana kondisi dan keadaan yang dia alami. Mungkin, bila kita mengalami apa yang dia alami, mungkin kita akan melakukan hal yang sama (will you?). Mungkin apa yang kita ketahui mungkin bukan yang sebenarnya. Seperti perkataan Walter Burke (Al Pacino) dalam film The Recruit:

Nothing… is… what it seems.

Iklan

Satu pemikiran pada “Anna and The King

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s