HUT RI: Gw “ing-ni-jen”


Menjelang 17 Agustus, rasa-rasanya jadi rada melow. Selain karena peristiwa kemaren, suasana di tempat kerja yang tiba-tiba aja jadi banyak aksesoris kemerdekaan, jadinya … kebawa nasionalis deh. πŸ™‚

Mengingat puisi Malu (Aku) jadi Orang Indonesia oleh Taufiq Ismail, mengingatkan kembali … keberadaan saya sebagai seorang warga Indonesia.

Apa saya malu menjadi orang Indonesia?!? πŸ™‚
Yah …, kadang …
Angkot sliweran senenaknya dijalan,
Pejabat korupsi,
Polisi lalu lintas berlagak preman,
Siaran TV kebanyakan sinetron.

Tapi meskipun demikian gw cukup “bangga” jadi orang Indonesia. πŸ™‚
Masih ada hal-hal yang masih bisa “dibanggakan”

Negara ini negara hebat. Koes Plus bilang lautnya seperti kolam susu, tanahnya ditanam saja bisa tumbuh. Yah, walau memang sering punya mimpi untuk punya “kehidupan lebih baik” dinegara lain.

Tapi hidup di Indo juga asik kok!
Untuk beberapa hal, ada banyak hal yang mudah,
misal bikin SIM ngga perlu ujian juga bisa jadi. πŸ˜€
Klo ditilang, kadang suka ada polisi yang baik hati dengan menawarkan ‘sidang di tempat’. πŸ™‚
Makanannya … bervariasi, dari yang pedas, hambar, halal, haram, mentah, masak sampe yang busuk … juga ada!
Banyak software bajakan. Jadi bisa belajar komputer lebih leluasa. πŸ™‚

Pokoknya … asiklah! πŸ™‚

Walaupun saya dilahirkan dari 2 orang dari garis turunan ras Mongoloid, tapi saya orang Indonesia. Kebanyakan dari kami kurang nyaman dengan sebutan cina. Yah, karena memang kata itu agak identik dengan ejekan. Ibarat kata bule bagi orang barat. Biasanya kami lebih nyaman bisa disebut chinese atau “cung-quo-jen” (À¸­ÃΒ₯Ò€ºÂ½Ã€ÂºÂº).
Tapi, … sebenernya kami juga “ing-ni-jen”! πŸ™‚

Yah … harus fair dong! mau tinggal disini, tapi ngga mau jadi warga … khan aneh.
Jadi … klo mau tinggal di Indonesia, harus mau menyebut diri “Orang Indonesia” πŸ˜€

πŸ™‚

Jadi, walau mata gw sipit, kulit agak kuning langsat. Secara genetik, gw keturunan ras Mongoloid. Orang bilang gw rada mirip ama Leo Ku. πŸ™‚ Tapi, … gw orang Indonesia, gw “Ing-ni-jen” πŸ™‚

Jadi buat negeriku yang mau merayakan ulang tahunnya yang ke-62!
DIRGAHAYU! Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi!

Iklan

3 pemikiran pada “HUT RI: Gw “ing-ni-jen”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s