WordPress 404 Server Error – Blank Comment (SOLVED)

Untuk blog di pujangga.net, saya menggunakan program wordpress.

Para pengguna wordpress selalu mendapatkan notifikasi email saat seseorang meninggalkan komentar di blog Anda. Beberapa waktu belakangan, saya selalu menerima notifikasi komentar masuk, tapi ia berupa komentar kosong. Selama ini saya menganggap itu spam, tapi setelah diperhatikan, “kok jarang ada lagi yang komen ya di blog”.

Selidik punya selidik, ternyata memang para pengguna yang menggunakan browser Internet Exporer (IE) selalu menemui pesan 404 Server Error saat mereka hendak meninggalkan komentar.

Beberapa hari coba otak-atik, belakangan diketahui, salah satu penyebabnya adalah Pretty Permalinks di WordPress. Sebab, jika diubah ke Ugly Permalinks, semua berjalan normal. Tapi mengingat banyak link yang menggunakan alamat dengan format Pretty Permalinks, perubahan itu akan membuat banyak sekali broken links. Jadi, coba berusaha mencari solusi untuk masalah ini.

Debugging file PHP wordpress, berhari-hari, hasilnya nihil. Try to think out of the box, dan … akhirnya ketemu. It’s the Akismet Plug-in. Pas Akismet di-deactivate, kini meninggalkan komen lewat IE bisa berjalan lagi.

Jadi, sampai saat ini, Akismet saya berada dalam keadaan non-aktif. Nanti di ulik lagi lah. Klo ngga, makin banyak komen yang terlewatkan dari para pengunjung blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s